Senin, 22 Februari 2021

5 Tips Memilih Deposito, Pilihlah Bank yang Punya Reputasi Baik

5 Tips Memilih Deposito, Pilihlah Bank yang Punya Reputasi Baik

https://www.pexels.com/id-id/foto/babi-celengan-euro-finansial-9660/


Deposito menjadi instrumen investasi yang saat ini masih banyak diminati. Selain faktor keuntungan, deposito juga memiliki risiko yang sangat kecil. Tidak heran jika jenis tabungan ini sangat cocok untuk pemula dalam hal investasi. 


Namun, agar tidak bingung saat memilih penyedia layanan deposito, berikut tips memilih yang tepat untuk menyimpan tabungan deposito yang kamu miliki.


Tips Memilih Deposito


1. Jangan tergiur dengan bunga selangit


Banyak penyedia layanan deposito palsu yang berkeliaran dengan menawarkan bunga selangit. Sebelum memutuskan, periksa bunga maksimal simpanan yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Jika ada bank yang menawarkan suku bunga yang melebihi suku bunga maksimum di LPS, hal ini patut untuk dihindari. Karena itu artinya LPS tidak akan menjaminnya. 


2. Pilih bank dengan reputasi yang baik


Reputasi bank jelas merupakan faktor utama dalam melakukan penyetoran. Sebelum berinvestasi, sebaiknya kamu mengetahui dulu reputasi atau sejarah bank yang menyediakan deposito.


Tertarik dengan bunga deposito sebagai acuan utama tentunya tidak menjadi masalah, namun ada baiknya juga memilih bank yang memiliki reputasi baik di industri pelayanan keuangan. Salah satu tips aman memilih simpanan tabungan adalah memilih bank-bank BUMN. Namun, jika tidak berminat, pilih bank dalam kategori sehat menurut Bank Indonesia (BI).


3. Bandingkan suku bunga per bank


Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang membuka rekening deposito. Tips memilih tabungan deposito adalah dengan membandingkan besarnya bunga dari masing-masing bank. Tidak dapat dipungkiri bahwa suku bunga tinggi akan membawa keuntungan yang lebih besar. Tapi kembali ke poin pertama jangan lupa cek dulu di LPS.


4. Jangka waktu deposito


Menyimpan uang dalam bentuk deposito sama dengan menghadapkanmu dalam beberapa periode berbeda yang ditawarkan oleh bank. Biasanya periode ini dari 1, 3, 6 hingga 24 bulan. Semakin lama masa penyimpanannya, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.


Namun tips memilih simpanan deposito yang tepat selaras dengan rencana keuanganmu sendiri. Jangan sampai, ketika kamu membutuhkan uang, tetapi jangka waktu belum tiba untuk mengambilnya. Pengambilan uang deposito sebelum jangka waktunya berakhir akan dikenakan hukuman.


5. Pilih yang paling praktis


Bank memiliki kewenangannya sendiri untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi oleh kliennya. Hal ini membuat kebijakan tabungan deposito juga berbeda. Cari tahu terlebih dahulu tentang kondisi bank yang menawarkan layanan deposito.


Salah satu poin yang perlu kamu perhatikan adalah kondisi dan metode penarikan deposito. Sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan deposito, kamu perlu mengetahui bagaimana ahli waris untuk bisa mencairkan tabungan deposito tersebut.


Seperti itulah 5 tips yang bisa kamu ikuti saat akan memilih bank yang memberikan layanan deposito. Salah satu bank dengan layanan keuangan terbaik, khususnya masalah tabungan deposito adalah digibank by DBS. 


Keunggulan Tabungan Deposito dari digibank by DBS


digibank by DBS menjadi tempat mempercayakan tabunganmu tidak hanya karena mempunyai reputasi yang baik. Tetapi ada beberapa keunggulan yang dimilikinya. Adapun keunggulannya sebagai berikut:


1. Akses 24/7 


Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan setoran tabungan deposito kapan saja dan dimana saja 24/7 via aplikasi tanpa perlu datang ke kantor cabang.


2. Bunga yang kompetitif


Bunga deposito yang ditawarkan digibank by DBS cukup tinggi. Untuk bunga per tahunnya mencapai 4,5 persen.


3. Deposito mulai 1 juta


Kamu bisa melakukan setoran awal mulai dari 1 juta rupiah saja.


4. Tenor Waktu


Jangka waktu yang bisa kamu pilih mulai dari 1 bulan. Selain itu ada pilihan jangka waktu lain, yaitu 3, 6, 9, dan 12 bulan.


Seperti itulah keunggulan layanan deposito dari digibank by DBS. 


Jika ditanya apa saja syarat agar bisa melakukan investasi. Kamu harus berkewarganegaraan Indonesia yang mempunyai rekening tabungan yang aktif di bank, dengan CIF yang sama.


Selain itu, penempatan deposito hanya bisa dilakukan dalam mata uang Rupiah saja. Serta hanya bisa dicairkan saat jatuh tempo, seperti kesepakatan awal. Bila kamu mencairkan sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan penalti.


Dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS, yang memudahkan layanan deposito online, akan sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan kemudahan yang diberikan tersebut.

This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner