Minggu, 14 Juni 2020

Keutamaan Berzakat Fitrah Online

Zakat fitrah merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim menjelang hari raya. Tahukah Anda apa itu zakat fitrah? Ya zakat fitrah adalah mengeluarkan sebagian harta untuk orang-orang yang membutuhkan, agar nantinya ketika hari raya mereka tidak kekurangan dan bisa merayakan kemenangan. Bisa dibilang zakat fitrah hanya dilakukan setahun sekali, sehingga tidak akan membuat Anda miskin. Bahkan, zakat fitrah bisa memberikan dik yang berlipat ganda tak hanya itu sangat fitrah juga mampu menghapus dosa serta melindungi dari panas di hari kiamat

Keutamaan Berzakat Fitrah Online

Bagi masyarakat miskin, saat inizakat fitrah atau sedekah lainnya bisa membantu meringankan beban yang dimiliki serta bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai keutamaan zakat fitrah serta keuntungan melakukan zakat fitrah secara online, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Keutamaan Zakat Fitrah

·      Sifat Penghuni Surga

Keutamaan zakqt fitrah yang bisa didapatkan yaitu menjadi bukti sifat penghuni surga. Penghuni surga sudah pasti orang yang sangat mulia dan orang pilihan. Keutamaan zakat fitrah menjadi sifat penghuni surga sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Qur'an Surat Adz-Dzariyat ayat 15-19.

“Orang-orang yang bertakwa kepadaku, Ia akan berada di taman-taman surga serta mata air-mata air sekaligus mereka mengambil apa yang diberikan oleh Rabb. Sesungguhnya mereka yang berada di dalam taman-taman surga adalah mereka yang selama di  dunia berbuat baik. Mereka di waktu malam sedikit sekali tidur, dan mereka memohon ampun (kepada Allah) di akhir malam. Pada harta-harta mereka ada hak orang miskin” (QS Adz-Dzariyat ayat 15-19).

·      Mendapatkan Rahmat Allah

Kaum mukminin yang berhak mendapatkan Rahmat Allah SWT yaitu mengeluarkan zakat. Itulah kenapa zakat fitrah menjadi wajib bagi setiap mukmin di bulan ramadhan. Keutamaan ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Qur'an surat At-Taubah ayat 71.

“Dan lelaki atau perempuan yang melakukan sedekah, sebagian dari mereka akan menjadi penolong bagi orang lain. Mereka menyuruh untuk mengerjakan yang baik dan mereka yang mencegah dari yang buruk. Agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT. maka tetaplah melaksanakan shalat. Menunaikan zakat serta taat kepada Allah SWT” (QS At-Taubah ayat 71).

·      Menyuburkan Harta Zakat

Keutamaan zakat fitrah yang selanjutnya yaitu menyuburkan harta zakat. Maksudnya, harta yang dikeluarkan untuk zakat akan dilipat gandakan. Hal tersebut sesuai dengan Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 276.

"Allah SWT akan memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah yang dikeluarkan"(QS Al-Baqarah ayat 276).

·      Terlindung dari Panas di Hari Kiamat

Orang yang mengeluarkan zakat fitrah akan terbebas dari panasnya hari kiamat. Keutamaan tersebut sudah dijelaskan pada sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam: “Allah SWT di hari akhir kelak akan menaungi tujuh golongan yang tidak akan ada yang bisa menaunginya. Seseorang yang bersedekah secara diam-diam. Sehingga tangan kirinya tidak tau apa saja yang dilakukan oleh tangan kanannya” (HR Bukhari no. 660)

·      Membuka Pintu-Pintu Rezeki

Keutamaan lain dari zakat fitrah yaitu membantu membuka pintu rezeki bagi orang yang melakukannya. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam: "Bersedekah tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim no. 2588)

·      Sebab Turunnya Kebaikan

Zakat fitrah jika dilakukan bisa menjadi sebab turunnya kebaikan. Bahkan, zakat juga bisa menolak keburukan. Sehingga jika seseorang menolak untuk membayar zakat, maka berbagai kebaikan akan terhalang. Hal tersebut sesuai dengan sebuah hadits: “Tidaklah suatu kaum menahan zakat harta mereka. Kecuali mereka dihalangi hujan dari langit. Seandainya jika tidak disebabkan oleh hewan ternak, sesungguhnya mereka tidak akan mendapat hujan.” (HR. Ibnu Majah no. 4019)

·      Menghapuskan Kesalahan

Segala dosa dan kesalahan yang dimiliki akan terhapus dengan membayar zakat fitrah. Hal tersebut sudah jelas tertuang dalam sebuah hadits dari Mu’adz bin Jabal. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sekecil apapun sedekah yang dilakukan bisa menghapus kesalahan. Sebagaimana air yang bisa membantu  memadamkan api” (HR Tirmidzi no 609).

·      Bukti Keimanan Pelakunya

Kitab Syarah Al-Mumti menjelaskan mengenai zakat. Yang mana zakat menjadi sebuah bukti kebenaran iman bagi setiap pelakunya, karena harga akan dicintai oleh jiwa. Setiap orang pasti tidak akan mengorbankan sesuatu yang dicintainya.  Kecuali karena sesuatu yang lebih dicintai. Dari zakat inilah kita bisa melihat kejujuran bagi setiap orang yang melakukannya demi mengharapkan ridha Allah SWT.

·      Membersihkan Akhlak

Dalam kitab Zadul Ma'ad, Ibnu Qayyim menjelaskan mengenai zakat. Yang mana zakat bisa membersihkan akhlak buruk dari orang yang mengeluarkannya. Bahkan, zakat juga bisa melapangkan dada orang yang mengeluarkannya, orang yang berzakat dikeluarkan dari golongan orang Bakhil dan masuk ke dalam golongan orang dermawan. Seseorang yang mengeluarkan zakat akan merasakan kelapangan dalam jiwanya, jika ia dengan kerelaan dan kemurahan hati.

·      Membantu Orang Fakir dari Kemiskinan

Keutamaan zakat fitrah yang selanjutnya yaitu bisa membantu orang-orang fakir dari kemiskinan. Dengan kata lain orang fakir membutuhkan bantuan terutama untuk menyambut hari kemenangan Idul. Dengan adanya zakat ini ini secara tidak langsung membantu mereka dalam menjalani hidup yang mulia.

·      Penopang Masyarakat Muslim

Pada kitab Al Fiqih Al Islami wa Adilatuhu menjelaskan mengenai zakat. Bahwasannya zakat merupakan sebuah partisipasi seorang muslim dalam menunaikan kewajiban hubungan dengan sesama manusia. Dengan melakukan zakat bisa menopang sendi-sendi kehidupan masyarakat Islam.

·      Bentuk Mensyukuri Harta

Zakat fitrah memiliki keutamaan yaitu menjadi bentuk ungkapan syukur atas nikmat harta yang dimiliki. Hal tersebut sudah jelas sekali dijelaskan pada kitab Adz-Dzakhirah. Dengan melakukan zakat, kita bisa lebih bersyukur atas apa yang dimiliki dan masih lebih dibandingkan orang lain. Apalagi di Pandemi seperti saat ini, tentunya tidak hanya dari kalangan pemerintah yang bergerak untuk membantu orang yang membutuhkan. Sebagai umat Islam, kita juga harus ikut serta dalam menyelamatkan fakir miskin. Zakat fitrah memang sudah ditentukan jumlahnya. Meski begitu tidak akan memberatkan. Selain melakukan zakat fitrah, masih ada zakat lain yang bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dalam hal ini juga tidak jauh berbeda dengan sedekah dan infaq.

Keuntungan Zakat Fitrah Online

Teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, apapun bisa dilakukan secara online. Baik itu membeli pakaian, membeli makanan, membayar tagihan  serta membayar zakat fitrah. Dengan membayar zakat secara online, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Adapun berikut ini tiga keuntungan yang bisa didapatkan dari bayar zakat fitrah secara online:

·      Membayar zakat fitrah secara online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

·      Amil atau  panitia zakat akan lebih mudah dalam membuat laporan zakat secara transparan.

·      Dana yang diterima secara online akan lebih cepat tersalurkan ke mustahiq.

Zakat fitrah memiliki banyak keutamaan, sehingga diwajibkan untuk setiap muslim. Dengan adanya penerimaan Zakat secara online, kini sangat memudahkan dalam membayar zakat. Bahkan, zakat fitrah secara online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner