Rabu, 22 April 2020

Berikut Penjelasan untuk Pencegahan Virus Corona yang Harus Anda Simak

Virus corona merupakan musuh bersama, tidak hanya pemerintah saja melainkan seluruh masyarakat. Dampak pandemi ini telah dirasakan secara global dan berdampak pada ekonomi global. Oleh karena itu, WHO dan kementrian kesehatan dari negara-negara yang terjangkit memberikan informasi pencegahan untuk umum dan untuk tenaga medis sehingga hal ini akan menurunkan angka infeksi virus.

Berikut adalah tips mencegah penyebaran virus corona diantaranya:

Berikut Penjelasan untuk Pencegahan Virus Corona yang Harus Anda Simak
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh karena sistem tubuh yang baik akan melawan infeksi dari luar, imun tubuh diperoleh dari makanan bergizi, perbanyak minum air mineral, mandi minimal 2 kali dalam sehari, olahraga, minum vitamin, tidak stres dan jangan begadang.
  • Menerapkan etika bersin dan batuk dengan menghindari orang lain, hal ini untuk mencegah benda sekitar mengalami infeksi yang mengandung virus.
  • Sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir karena tangan adalah sarangnya bakteri, kuman dan virus dan jika tidak memiliki air maka gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70%.
  • Tangan yang belum bersih akan menjadi perantara virus menuju tubuh dan sebaiknya tidak menyentuh area wajah, karena virus ini dapat masuk melalui area segitiga wajah.

Selain itu untuk mencegah Covid-19 sebaiknya hindari kontak dengan orang lain yang sedang sakit, sebaiknya tidak keluar rumah jika bukan dalam keadaan mendesak dan tetap menjaga jarak 1 meter. Ketika keluar dari rumah maka gunakan masker baik dalam keadaan sehat dan sakit karena hal ini baik untuk mencegah droplet menyentuh area kulit. Masker bekas bedah sebaiknya segera dibuang dan jangan meletakkannya sembarangan dan jika menggunakan masker kain sebaiknya segera mencucinya. Selama adanya wabah ini tidak disarankan untuk melakukan perjalanan luar negeri dan hindari berpergian jika kurang merasa sehat dan pantau perkembangannya untuk tetap menjaga diri dari wabah corona yang cukup meresahkan.

Berikut adalah panduan untuk mencegah Covid-19 nanti bagi tenaga medis diantaranya:

  • Petugas medis yang menjadi garda terdepan akan merawat dan menyembuhkan pasien positif, oleh karena itu disarankan menggunakan alat pelindung diri yang terdiri atas pakaian dengan lengan panjang khusus, pelindung mata, masker medis dan sarung tangan lateks.
  • WHO menjelaskan mengenai penempatan kamar pasien dan tidak dianjurkan orang sehat melakukan interaksi pasien positif, cara untuk meminimalisir penyebaran virus dan penjelasan mengenai pasien yang memiliki pernapasan akut akan diisolasi pada kamar tunggal dan sebaiknya memberikan jarak 1 meter setiap ranjang pasien.
  • Masker sekali pakai tidak dapat disterilkan dan dicuci agar dapat digunakan kembali, ketika membuka masker sebaiknya tidak menyentuh area depan masker, mencuci tangan dan membuangnya pada tempat sampah tertutup.

Selain itu, untuk pasien yang ditemukan gejala ringan seperti sakit tenggorokan, flu, batuk dan demam tidak disarankan untuk dirawat di rumah sakit. Pasien dengan gejala berat yang ditunjukkan dengan pasien diare, sesak napas dan komplikasi lainnya dirawat di rumah sakit. Hal ini perlu dipahami karena saat ini begitu banyak keterbatasan dalam fasilitas kesehatan. Untuk gejala ringan disarankan untuk mengisolasi diri sendiri di rumah.


Selanjutnya WHO menjelaskan bahwa belum ada prosedur khusus untuk membuang limbah setelah menangani pasien positif virus corona. Sebaiknya membuang limbah pasien sebagai limbah infeksius walaupun masih belum ada prosedur yang dilakukan. WHO juga menjelaskan untuk pasien meninggal tidak memiliki prosedur dan kebijakannya disesuaikan dengan pihak berwenang serta tenaga medis.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner