Senin, 02 Desember 2019

Infaq Online Menjadi Cara Baru Bersedekah yang Di Gemari Warga

Sebagai manusia kita memiliki kewajiban untuk saling berbagi dengan sesama, khususnya sesama muslim. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk berbagai yaitu berinfaq atau beramal. Infaq bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun kebanyakan orang melakukan infaq di bulan ramadan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Infaq Online Menjadi Cara Baru Bersedekah yang Di Gemari Warga

Apalagi saat ini teknologi semakin berkembang pesat, sehingga bisa membantu anda lebih mudah dalam melakukan zakat online atau beramal.

Dengan kata lain anda bisa melakukan infaq secara online baik menggunakan aplikasi smartphone ataupun website. Dengan kemudahan-kemudahan tersebut tak heran jika saat ini infaq online menjadi cara baru bersedekah yang paling digemari banyak orang. untuk mengetahui lebih jelasnya berikut ini ulasannya.

Bersedekah Online

Sebelum anda melakukan infaq secara online, ada beberapa tips yang harus anda ketahui. Hal ini bertujuan agar infaq yang anda lakukan aman dan sampai kepada orang yang membutuhkan. Adapun berikut ini tips-tipsnya:

1. Kenali Lembaga Penyedia Aplikasi

Tips pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan infaq online yaitu mengecek kredibilitas dari lembaga penyedia atau aplikasi yang anda gunakan. Untuk mengetahui kredibilitasnya anda bisa mengeceknya melalui internet. Dengan begitu anda bisa mengetahui apakah lembaga atau aplikasi tersebut terpercaya atau tidak.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui rekam jejak dari lembaga atau aplikasi tersebut. Hal ini bisa anda ketahui melalui testimoni orang-orang yang sudah menggunakannya dalam melakukan infaq online. Pada dasarnya lembaga yang terpercaya pasti memiliki website resmi.

2. Pastikan Keaslian Aplikasi

Jika Anda menggunakan sebuah aplikasi untuk membayar infaq secara online, pastikan aplikasi tersebut aman untuk diunduh, karena saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi palsu. Untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman dan asli untuk digunakan, pastinya aplikasi tersebut tersedia di toko resmi sistem operasi ponsel seperti Google Play Store, App Store dan lain sebagainya.

Anda perlu hati-hati dalam memilih aplikasi, karena saat ini banyak sekali aplikasi palsu yang menirukan aplikasi aslinya untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Jika Anda menggunakan aplikasi palsu pastinya akan sangat merugikan, karena biasanya mengandung virus bahkan aplikasi palsu ini bisa mencuri Informasi pribadi anda. Bahkan tak jarang juga ada kasus yang mana data pribadi dicuri seperti nomor rekening dan dana yang akan didonasikan untuk infaq.

3. Perhatikan Rekening Penghimpun Dana

Ketika melakukan infaq online penting untuk memperhatikan nama pemilik rekening penghimpunan dana tersebut. Rekening yang harus dicurigai jika namanya adalah nama pribadi bukan nama lembaga. Karena saat ini banyak sekali kasus penipuan yang menggunakan nomor rekening atas nama pribadi. Karena jika lembaga yang yang Anda pilih sudah terpercaya dan profesional, pastinya nomor rekening tersebut atas nama lembaga bukan nama pribadi.

4. Cek Tujuan Penyaluran Dana

Sebelum membayar infaq secara online alangkah baiknya jika anda mengetahui tujuan penyaluran dana tersebut. Pastikan juga nantinya dana yang anda bayarkan digunakan sebagaimana mestinya. Maka dari itu pilihlah aplikasi yang memang menyediakan informasi mengenai penggunaan dari dana yang sudah terkumpul.

Dengan adanya informasi ini anda akan lebih tenang dan percaya untuk melakukan pembayaran infaq secara online. Jika sebuah aplikasi tidak menyediakan layanan ini anda patut curiga. Bisa jadi dana yang anda kirimkan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

5. Laporkan Jika Terjadi Hal yang Mencurigakan

Tips yang terakhir yaitu laporkan apapun jika terjadi hal yang mencurigakan dan tidak sesuai dengan prosedur pembayaran infaq atau donasi online yang telah ditentukan.

Namun jika memang Anda sudah terlanjur membayarkan sejumlah dana, Anda bisa langsung melaporkan hal tersebut kepada bank jangan ditunda-tunda untuk melaporkannya. Segera lakukan agar bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Kemungkinan besar jika anda melaporkannya lebih cepat pihak bank akan melakukan pemblokiran rekening orang tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai infaq online yang menjadi cara bersedekah paling diminati saat ini. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika melakukan sedekah secara online. Selain mudah untuk dilakukan, infaq online juga bisa dilakukan dimana saja. Namun sebelum melakukannya Anda penting untuk menerapkan tips-tips tersebut agar aman.
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner