Minggu, 31 Maret 2019

Bangka Cultural Wave Festival 2019 (25 Maret – 5 April)

Pertama kali digelar di tahun 2015, Bangka Cultural Wave Festival akan kembali hadir di tahun ini. Festival alam tahunan ini akan diselenggarakan pada 25 Maret – 5 April 2019 dan rencananya akan tersebar di beberapa kawasan, seperti Sungai Liat, Pangkal Pinang, dan Muntok.

Perayaan tersebut biasanya dimulai dengan melakukan pawai berjalan kaki dari pusat kota hingga bantaran Sungai Liat. Selain itu akan ada banyak hal dan pertunjukan menarik selama Bangka Cultural Wave Festival 2019 berlangsung. Penasaran? Baca selengkapnya di bawah.

Bangka Cultural Wave Festival 2019 (25 Maret – 5 April)


Pertunjukan seni

Sebagai salah satu festival kebudayaan terbesar di provinsi Bangka Belitung, Bangka Cultural Wave Festival 2019 memiliki pertunjukan seni yang tidak boleh dilewatkan. Pertunjukan ini meliputi musik dan tarian dengan genre tradisional serta kontemporer yang melibatkan praktisi tarian serta musisi lokal hingga mancanegara.

Instalasi karya seni rupa dan kriya

Selama digelarnya Bangka Cultural Wave Festival 2019, pemandangan para pengunjung akan dimanjakan dengan instalasi karya seni dan kriya tradisional Bangka. Para seniman sudah terbiasa untuk menghadirkan karya seni berkualitas yang tidak hanya berguna sebagai dekorasi namun sebagai identitas daerah yang diselaraskan melalui tema yang diusung.

Pelepasan penyu

Para pengunjung juga bisa mengikuti salah satu aktivitas yang dapat memberi dampak baik kepada alam, yaitu pelepasan penyu ke laut. Salah satu rangkaian acara di Bangka Cultural Wave Festival ini biasanya diadakan di pantai Rambak yang jaraknya tidak jauh dari pusat kota. Pantai ini memiliki pemandangan laut lepas biru yang luas serta pasir putih hangat yang lembut saat kaki berpijak.

Bazaar

Selama gelaran Bangka Cultural Wave Festival berlangsung, tersedia bazaar yang akan menjajakan cinderamata, seperti topi songkok, kain cual, dan aksesori yang dibuat dari timah. Selain itu, terdapat juga beragam serta kuliner tradisional khas Bangka, misalnya Lakse, Mie Belitung, sambal Rusip, dan masih banyak lagi yang patut dicicipi. Pengalaman berbelanja ini tentu akan menjadi salah satu pengalaman festival yang tidak terlupakan.

Penerbangan lampion

Acara penerbangan lampion biasanya akan hadir di penghujung rangkaian acara Bangka Cultural Wave Festival. Biasanya, masyarakat lokal dan para pengunjung saling bergabung untuk menerbangkan lampion di pinggir pantai pada malam hari penuh suka cita. Perasaan gembira tersebut hadir berkat lampion yang diterbangkan tinggi disematkan harapan serta doa dari banyak orang dengan harapan untuk terkabul segera mungkin.

Bangka Cultural Wave Festival 2019 yang akan digelar selama 2 minggu ini, rencananya akan hadir bertepatan dengan Chengbeng, salah satu adat Tionghoa yang biasanya dirayakan dengan upacara diperuntukkan untuk bumi yang kita tinggali.

Jika Anda ingin menghadiri dan menjadi bagian dalam Bangka Cultural Festival 2019, segera pesan tiket pesawat via online. Banyak maskapai yang melayani pernerbangan menuju bandara Depati Amir, salah satunya adalah maskapai Lion Air. Dari pusat kota Pangkal Pinang, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 30 kilometer untuk akhirnya sampai di tujuan. Jangan sampai terlewatkan festival kebudayaan yang seru ini, ya!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner